Senin, 24 Januari 2011

Makanan Sarat Gizi, Pertumbuhan Pun Maksimal

Membesarkan buah hati memang merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Siapa sih yang tidak bahagia melihat buah hatinya berkembang pesat dalam masa pertumbuhan? Tentunya tidak hanya secara fisik, tapi juga secara kecerdasan.
Perkembangan anak memang sedikit banyak tergantung dari apa yang Anda lakukan untuknya sebagai orang tua. Segala aktivitas si kecil, mulai dari berpikir, belajar dan bermain, tentunya tidak hanya didukung oleh Anda, tapi juga melalui apa yang dikonsumsinya. Gizi optimal mutlak diperlukan untuk mendorong perkembangan si kecil jadi maksimal, terutama otak.
Mungkin Anda sendiri sudah tahu kemutlakan gizi optimal yang diperlukan, tapi apa-apa saja yang dibutuhkan oleh buah hati, mungkin Anda sendiri belum tahu dengan jelas. Sebenarnya ada 3 kandungan dasar yang sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan si kecil, yaitu protein, lemak dan vitamin (termasuk mineral). Untuk lebih rincinya, Anda bisa runut satu persatu.
PROTEIN
Untuk apa?
Zat ini sangat perlu untuk sumber energi, membangun otot rangka, mengganti sel tubuh yang rusak akibat penyakit, membentuk hormon, enzim dan pertahanan tubuh.
Sumbernya dimana saja?
Untuk mendapatkan protein tidak susah kok. Mulai dari telur, susu, daging, ikan , tempe, tahu sampai kacang-kacangan. Protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan anak, dan lebih baik dari protein nabati (dari tumbuhan) karena berkomposisi lebih lengkap.
LEMAK
Untuk apa?
Usia 0-5 tahun adalah saat emas pertumbuhan dan perkembangan otak yang tidak akan terjadi 2 kali dalam hidup.
Apa saja?
Unsur lemak terdiri dari DHA (asam dokoseheksaenoat), asam arakhidonat (asam lemak omega 6) atau yang lebih dikenal sebagai AA. Dua asam tersebut akan mendukung perkembangan dan ketajaman indera penglihatan bayi.
Sumbernya dimana saja?
Asam lemak tak jenuh dapat diperoleh dari ikan laut dalam. Jangan ragu-ragu memberi buah hati Anda dagingnya ataupun dalam bentuk minyak ikan. Lupakan untuk memberinya susu tanpa lemak alias susu skim.
VITAMIN (sertaMineral)
Vitamin-vitamin berikut dan manfaatnya pasti sangat familiar di telinga Anda.
l Vitamin A.
Tentunya sangat berguna untuk penglihatan, arntioksidan dan perkembangan fungsi sel tubuh.
l Vitamin B.
Terdiri dari vitamin B kompleks yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Kekurangan vitamin B membuat anak terlambat tumbuh serta kulit berisisk dan kelainan dalam rongga mulut dan hidung.
l Vitamin C.
Kunci penting sistem pertahanan tubuh anak. Kekurangan vitamin C akan mengakibatkan gusi berdarah, mudahnya terserang infeksi dan memar pada kulit tanpa ada benturan.
l Vitamin E.
Fungsinya sebagai antioksidan dan merangsang pembentukan sistem pertahanan tubuh serta pembentukan materi genetik.
l Vitamin K.
Bila si kecil jatuh dan berdarah atau tergores, maka vitamin K ini akan menyumbangkan usahanya dalam fungsi pembekuan darah.
l Zat Besi.
Pendukung perkembangan mental dan daya konsentrasi anak. Kekurangannya akan menyebabkan anemia.
l Kalsium.
Sangat penting untuk melihat si kecil tumbuh tinggi dan besar karena pertumbuhan tulang serta gigi tergantung padanya. Belum lagi fungsi sel tubuh dan kerja syaraf. Bisa didapat dari susu serta produk berbahan susu dan kacang-kacangan.
l Zinc.
Ini juga penting untuk masa mereka tumbuh. Terhambatnya pertumbuhan, nafsu makan buruk, berkurangnya ketajaman pengecapan dan terhambatnya penyembuhan luka adalah akibat kekurangan zat satu ini. Bisa didapat dari daging dan makanan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar